Wednesday, November 7, 2018

Pulau Tagalaya - Wisata Halmahera Utara (Wilayah Tobelo)

Pulau Tagalaya yaitu salah satu daerah wisata di Wilayah  Pulau Tagalaya - Wisata Halmahera Utara (Wilayah Tobelo)

Pulau Tagalaya yaitu salah satu daerah wisata di Wilayah Tobelo, Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Pulau Tagalaya mempunyai arus maritim yang damai dan air maritim sejernih kristal dengan hamparan pantai berpasir putih luas yang mengelilingi pulau. Di ujung utara pulau ini terdapat bebatuan karang yang indah. Sehingga cocok sekali untuk Anda yang suka diving dan snorkeling sanggup mengunjungi pulau ini.

Terumbu karang dan bermacam-macam biota maritim dengan kedalaman 2-10 meter dalam kondisi baik sanggup ditemui di perairan pulau Tagalaya. Anda akan sanggup melihat terumbu karang yang indah, ikan-ikan yang berwarna-warni juga menemani Anda ketika menyelam di perairan ini.

Pepohonan bakau yang tumbuh di atas pasir putih (bukan lumpur) menjadi pemandangan yang unik dan indah. Terumbu karang juga sanggup dijumpai di sekitar akar bahar. Di sekitar akar bahar yang menjalar dan menusuk pasir juga menjadi rumah bagi kepiting dan kerang.  

Keunikan lainnya di Pulau Tagalaya yakni mempunyai danau air tawar yang sanggup anda jelajahi. Namun, sebaiknya Anda berkunjung ke Pulau Tagalaya pada pagi hari alasannya yaitu sesudah siang hari, air tersebut akan surut.

Pulau Tagalaya yaitu salah satu daerah wisata di Wilayah  Pulau Tagalaya - Wisata Halmahera Utara (Wilayah Tobelo)

Peraturan Penting
Ada satu peraturan di pulau ini yang harus Anda patuhi. Yakni, dihentikan untuk menginjak atau tidak boleh berpijak di atas bunga karang apabila sedang menyelam. Hal ini dikarenakan, semoga tidak terjadi kerusakan terhadap bunga karang tersebut. Kalaupun harus berpijak, silahkan mencari pijakan yang tidak menyebabkan bunga karang tersebut rusak. Mari kita jaga kelestarian lingkungan ini sehingga keindahannya terpelihara dengan baik.

Akses ke Pulau Tagalaya
Pulau Tagalaya merupakan satu dari formasi pulau-pulau di depan kota Tobelo yang sanggup ditempuh ±20 menit dengan bahtera ketinting yang sanggup Anda temukan di pelabuhan Dufa-dufa yang melayari rute Tobelo-Tagalaya PP. Namun, kalau Anda bermaksud untuk juga menjelajahi pulau-pulau sekitarnya juga maka cara ternyaman yaitu dengan menyewa bahtera ketinting berkapasitas 6 orang ataupun speedboat.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya