Wednesday, November 7, 2018

Desa Gurabunga - Wisata Kota Tidore Yang Sejuk

Gurabunga kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu Taman Bunga Desa Gurabunga - Wisata Kota Tidore yang Sejuk


Gurabunga kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu Taman Bunga, yang berada di Pulau Tidore, Provinsi Maluku Utara. Warna-warni bunga yang tumbuh di pekarangan warga Desa Gurabunga juga turut menambah keindahan desa yang anggun dan higienis ini. 

Gurabunga berhawa sejuk sebab lokasinya berada di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut. Rumah-rumah warganya berada di daerah subur yang berada di lereng Kie Matubu, sebuah gunung yang tingginya 1730 meter diatas permukaan laut. Kie Matubu dikenal masyarakat Provinsi Maluku Utara sebagai Gunung Tidore.

Gurabunga kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu Taman Bunga Desa Gurabunga - Wisata Kota Tidore yang Sejuk
Desa Gurabunga di lereng Kie Matubu. (Sumber: Blog Ilham Arch)

Selain indah, ragam kehidupan dan latar belakang agama serta budaya yang di usung oleh warga setempat mengakibatkan desa ini punya kelebihan yang pantas untuk di jadikan referensi wisata.


Di Desa Gurabunga terdapat rumah adat, yang berjulukan Folajikosabari, terbentuk dari bambu dan berlantaikan tanah. Jika dilihat dari jauh, rumah ini berbentuk orang bersila. Uniknya, rumah ini juga kental dengan nuansa Islam. Rumah budbahasa ini mempunyai 5 ruangan, sesuai dengan waktu ibadah salat, dan mempunyai 2 ikat pada setiap bambunya, yang melambangkan 2 kalimat syahadat.

Gurabunga kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu Taman Bunga Desa Gurabunga - Wisata Kota Tidore yang SejukGunung Kie Matubu yang indah dan mempesona.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya